Langsung ke konten utama

Tips Manajemen Keuangan Bagi Anda yang Melakukan Cicilan Mobil Baru

Manajemen keuangan sendiri sangatlah berpengaruh penting dalam mengimbangi pengeluaran dalam pola hidup di masa kini, sama halnya dengan mengambil cicilan mobil baru. Hal itu tidak lain dikarenakan mengambil cicilan kredit mobil baru perlu waktu yang cukup panjang sekitar puluhan bulan dalam melakukan pelunasannya.

Bagi pihak yang punya kemampuan finansial terencana dan stabil mungkin bisa saja tidak menemui masalah besar, akan tetapi bagi Anda yang kemampuan finansialnya tidak terlalu besar sangatlah perlu pertimbangan matang mengenai pengambilan cicilan kredit mobil baru. 

Dan meskipun Anda mengambil kredit dengan mobil yang berada dalam kategori mobil murah, perlu beberapa tips manajemen keuangan untuk menghadapi cicilan selama beberapa bulan ke depan, berikut diantaranya.

Mau Nyicil Mobil? Yuk Simak Cara Memanajemen Uang Anda!

Tidak semua orang bisa mengatur keuangan dengan baik, apalagi jika mereka memiliki tanggungan cicilan mobil yang cukup besar. Jika Anda merupakan salah satu dari orang tersebut, Anda bisa menyimak cara mengatur keuangan sebagai berikut!

  1. Menghitung Semua Pengeluaran yang Dilakukan 

Dalam tips manajemen keuangan Anda saat melakukan cicilan mobil baru pertama haruslah menghitung berapa jumlah pengeluaran yang biasa Anda lakukan di tiap bulannya. Hal ini bertujuan agar Anda punya jumlah yang tepat serta pasti sebagai pengeluaran tetap tiap bulannya bagi Anda. Dan itu semua bertujuan untuk membatasi juga mengerem pengeluaran Anda yang memiliki sifat kurang penting untuk dikerjakan.

  1. Menentukan Berapa Jumlah Hutang Maksimal

Selanjutnya Anda perlu yang mana punya besaran hutang maksimal agar dapat Anda tanggung dalam kuasa keuangan Anda saat ini. Dan jumlah utang tidak boleh lebih dari 30% dimana diambil dari total penghasilan yang telah Anda miliki. Ini karena mampu mempengaruhi keseimbangan keuangan Anda secara menyeluruh. 

  1. Usahakan Tetap Menabung

Walaupun Anda kini punya beberapa cicilan juga utang yang perlu diabayar di tiap bulannya menabung menjadi hal yang harus dilakukan. Hal ini menjadi wajib untuk memanajemen keuangan Anda, dan besar tabungan minimal bisa sekitar 10% dari total penghasilan setiap bulannya. Tabungan ini nantinya mampu membantu menghadapi segala macam risiko. 

  1. Memisahkan Rekening

Pemisahan rekening juga menjadi tips penting dalam manajemen keuangan saat Anda melakukan cicilan mobil baru. Dimana pisahkan antara rekening tabungan dengan rekening cicilan utang dan juga rekening biaya hidup kesehariannya. Hal ini dilakukan untuk membantu membatasi pengeluaran serta mengelola keuangannya bisa lebih teratur juga bijak, dan tidak tertinggal penghematan waktu serta tenaga Anda.

Gunakan Jasa SEVA untuk Konsultasi Pembelian Mobil

SEVA merupakan inovasi digital terbaru dari Astra Financial yang bantu konsumen temukan mobil baru dengan dukungan konsultasi keuangan ditambah proses yang aman, mudah, serta nyaman. SEVA sendiri diadakan untuk menjawab kebutuhan konsumen otomotif di era digital pasca  pandemi, dan SEVA menghadirkan beberapa fitur  menarik contohnya rekomendasi mobil cocok untuk kebutuhan Anda dan  perencanaan tepat mengenai keuangan.

Dengan misi utama Financing First, SEVA akan bantu menemukan mobil impian Anda berdasar proses konsultasi keuangan yang menyeluruh, prinsip Financing First dilakukan juga lewat konsultasi fasilitas konsumen pada dealer terbaik. Transformasi layanan SEVA ini bertujuan untuk berikan pengalaman pembelian mobil yang terpadu.

Dan transformasi ini didukung oleh dua fitur andalan yaitu fitur Instant Approval, yang akan membantu konsumen lewati proses pembelian mobil baru dengan proses yang jelas, mudah disertai tingkat keamanan transaksi lebih baik. Kedua fitur Car Recommendation dimana konsumen akan dapatkan informasi detail hitungan biaya dari awal. Jadi konsumen bisa pilih  mobil baru impian mereka sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki kini. 

Demikian beberapa tips untuk mengatur manajemen keuangan Anda yang tengah melakukan cicilan mobil baru, dan untuk lebih memudahkan Anda dalam mendapat mobil baru yang bagus dengan pembayaran yang bisa dilakukan dengan metode cicil kredit aman bisa langsung mengunjungi aplikasi SEVA. Dengan fitur Instant Approval SEVA yang hadir memudahkan Anda merencanakan skema pembiayaan mobil sesuai kemampuan finansial secara cepat serta tagline yang diusung jelas dari awal. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa Langkah yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Corona versi SehatQ.Com

Meskipun katanya bisa sembuh sendiri penyakit corona tetaplah berbahaya. Terutama untuk mereka yang lemah sistem imun tubuhnya, orang yang memiliki comorbid atau penyakit penyerta serta orang orang yang sudah lanjut usia. Bahayanya corona ini bisa dilihat dari 30 ribu lebih orang yang meninggal setelah positif corona dalam waktu setahun terakhir ini. Bahkan orang yang sudah sembuh dari covidpun tak semua bisa kembali seperti sedia kala. Ada beberapa orang yang sembuh akan tetapi mengalami gangguan pada organ pernafasannya. Karena demikian berbahayanya corona ini maka salah satu hal yang perlu kita lakukan adalah mencegah agar jangan sampai tertular. Salah satu cara mencegah virus corona ini  bisa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara tepat di masyarakat. Tentunya penerapan protokol kesehatan ini harus dilakukan semua orang sehingga menjadi efektif. Dan menurut artikel kesehatan yang ada di web SehatQ.Com sendiri ada setidaknya  beberapa protokol kesehatan dari kementr

Kontroversi Dibalik Rencana Renovasi JIS, Murni atau Politisasi?

Setelah gagal menyelenggarakan event piala dunia u-20 FIFA akhirnya menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah piala dunia u17. Rencananya event ini akan digelara pada bulan November 2023 nanti. Piala dunia u17 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan tentu sudah dilakukan untuk menyambut event bergengsi ini. Salah satunya tentu saja persiapan soal stadion yang akan dipakai. Namun di tengah berbagai persiapan ini ada beberapa tindakan pemerintah yang dituding penuh kontroversi dalam hal stadion. Salah satunya terkait pemeriksaan JIS (Jakarta International Stadium) beberapa waktu yang lalu oleh sejumlah menteri. Timbulnya kontroversi karena pemeriksaan rumput stadion dilakukan oleh pihak kontraktor kompetitor yang tentu saja banyak yang meragukan objektivitasnya. Apalagi kontraktor tersebut sebelumnya lebih banyak berkecimpung di bidang rumput lapangan golf. Tentu saja hasil evaluasi dari pihak kontraktor tersebut yakni PT Karya Rama Prima dipertanyakan. Apalagi kemudian menteri Bas